Cara memelihara ikan Mikrogeophagus ramirezi pada akuarium - fish-hobbyist

Cara memelihara ikan Mikrogeophagus ramirezi pada akuarium

 Ikan Mikrogeophagus ramirezi berasal dari Venezuela dan kolombia. Ikan ini termasuk jenis ikan air tawar yang hidup di perairan umum seperti sungai dan rawa. Di alam ikan Mikrogeophagus ramirezi berkembang biak dengan cara bertelur. 

Mikrogeophagus ramirezi (Shutterstock.com)

Ikan Mikrogeophagus ramirezi memiliki bentuk tubuh dan warna yang unik dan menarik, karena ikan ini memiliki warna yang menarik banyak orang terutama penghobi ikan hias mencoba untuk memelihara ikan Mikrogeophagus ramirezi pada akuarium. 

Sebelum memulai untuk memelihara ikan Mikrogeophagus ramirezi pada akuarium ada baiknya kita mempelajari bagaimana sih sifat kebiasaan ikan ini hidup di alam, karena apabila kita mengetahui bagaimana sipat kebiasaan ikan hidup di alam maka kita akan mudah untuk memelihara ikan yang akan dijadikan sebagai ikan hias di akuarium. 

Beberapa sifat hidup ikan Mikrogeophagus ramirezi yaitu ikan ini memiliki sifat yang jinak, sifat jinak ikan ini dapat membuat ikan Mikrogeophagus ramirezi mudah untuk dipelihara oleh orang atau oleh penghobi ikan hias pemula. Kemudian dengan sifat jinak ikan ini maka ikan ini juga dapat dipelihara dengan jenis ikan hias lainnya asalkan jenis ikan hias lainnya ini memiliki ukuran tubuh yang sama dan jenis ikan lainnya memiliki sifat yang jinak pula. Sebagai catatan jangan memelihara ikan Mikrogeophagus ramirezi bersama ikan yang memiliki sifat agresif dan teritorial. 

Kemudian dari segi lingkungan tempat hidupnya ikan ini dapat hidup di perairan air tawar yang memiliki tingkat pencahayaan sedang dan hidup di lingkungan dengan terdapat tanaman air dan bebatuan. 

Melangkah ke cara memelihara ikan Mikrogeophagus ramirezi di akuarium. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memelihara ikan Mikrogeophagus ramirezi di akuarium, yaitu wadah tempat memelihara ikan, kualitas air, pakan ikan dan cara perawatan ikan. 

1. Wadah Pemeliharaan.
Ikan Mikrogeophagus ramirezi dapat dipelihara di wadah pemeliharaan berupa akuarium yang bahannya terbuat dari kaca. Untuk bentuk wadah pemeliharaan dapat berbentuk persegi panjang. Untuk jumlah air yang dibutuhkan dalam memelihara ikan Mikrogeophagus ramirezi yaitu sebanyak 40 liter. 

Pada wadah pemeliharaan juga dapat dipasang aerator dan filter air. Pemasangan aerator pada akuarium ini berfungsi untuk meningkatkan kandungan oksigen terlarut dalam air. Oksigen ini penting bagi kehidupan ikan karena oksigen ini berfungsi untuk bernafas dan untuk membantu metabolisme pada ikan. 

Filter air dipasang di akurium berfungsi untuk menjaga agar kualitas air pada akuarium tetap optimal. Filter air ini berperan dalam menyaring kotoran ikan, sisa-sisa pakan ikan yang tidak termakan dan dapat menetralisir senyawa-senyawa beracun pada air akuarium. 

Selain aerator dan filter air, pada akurium juga kita bisa memasang aksesoris lainnya yaitu seperti bebatuan dan tanaman air. Seperti yang telah disebutkan di atas ikan Mikrogeophagus ramirezi hidup pada lingkungan yang terdapat tanaman air dan bebatuan. Tanaman air dan bebatuan ini selain untuk menciptakan kondisi lingkungan air sama dengan kondisi dimana ikan Mikrogeophagus ramirezi hidup di alam juga untuk memperindah akuarium sehingga akuarium ikan enak dipandang mata. 

Lampu juga dapat dipasang pada akuarium. Lampu akuarium ini berfungsi untuk menerangi ikan dan lingkungan akuarium agar dapat terlihat terutama di malam hari. Tingkat cahaya pada lampu harus dipilih yang memiliki tingkat pencahayaan yang sedang. 

2. Kualitas air.
Agar ikan Mikrogeophagus ramirezi dapat hidup dan tumbuh dengan sehat maka kualitas air perlu diperhatikan. Parameter kualitas air yang perlu diperhatikan adalah pH, tingkat kekerasan air dan suhu. Nilai pH air yang baik untuk memelihara ikan Mikrogeophagus ramirezi adalah sebesar 6,8. Kemudian untuk nilai tingkat kekerasan air sebesar 7 dan untuk suhu air sebesar 27 derajat celcius. 

3. Pakan ikan.
Ikan yang dipelihara dala akuarium perlu diberi pakan. Pakan ini berfungsi untuk pertumbuhan dan juga untuk mejaga agar tubuh ikan tetap sehat dan dapat bergerak. Jenis pakan yang umum diberikan pada ikan Mikrogeophagus ramirezi ini yaitu berupa pakan alami seperti cacing. 

4. Pemeliharaan dan perawatan ikan.
Tentunya ikan yang dipelihara pada akuarium perlu dirawat dan dipelihara karena kualitas air akuarium semakin lama akan semakin menurun dan juga kondisi akuarium semakin lama akan semakin kotor. Perawat ini dilakukan dengan membersihkan akuarium yaitu dengan mengelap kaca dengan bahan yang lembut dan menguras sebagian air akuarium untuk diganti dengan air yang baru. Pengurasan air akuarium jangan dikuras secara total, sisakan sebanyak kurang lebih seperempatnya. 

Ikan Mikrogeophagus ramirezi memiliki kebiasan berenang di dasar akuarium, di tengah akuarium dan di bagian atas akuarium dekat dengan permukaan air. Ikan ini dapat hidup dan tumbuh panjang sekitar 5 cm. 

Demikian cara memelihara ikan Mikrogeophagus ramirezi pada akuarium, terima kasih atas kunjunganya. Salam. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel